Jumat, 16 Desember 2011

Sejarah Celana Jeans

Joni    : "Kamu harus hentikan kebiasaanmu pake' celana jins."
Jono   : "Lho....kenapa ?"
Joni    : "Kalo kamu terus - terusan pake' celana jins, ntar jin nya pake celana siapa ?"
Jono   : %$*%#*^%(&^)*&*%^$@#$$%&....................!!!!!!!!!!!


Siapa yang tak kenal dengan celana jeans ? Baik yang bentuknya baju, celana, atau jaket, semua orang di dunia ini pasti mengenal pakaian berbahan jeans / denim. Mulai dari yang masih bau kencur sampai yang bau tanahpun, mengenal atau bahkan senang mengenakan pakaian berbahan jeans.
Celana jeans, menurut sejarahnya, dibuat dan diperkenalkan pertama kali di Italia, tepatnya di Genoa, pada sekitar tahun 1560-an. Pada masa itu celana jeans biasa digunakan oleh angkatan laut karena bisa digunakan dalam berbagai kondisi, baik kering maupun basah. Istilah "blue jeans" berasal dari bahasa Perancis, 'bleu de geans' yang artinya Biru Genoa. Mungkin karena jenis fashion yang satu ini berasal dari Genoa, makanya orang - orang Perancis menyebutnya seperti itu.

 

Pada sekitar tahun 1850-an, seorang pemuda asal Bavaria, bernama Levi Strauss, yang kala itu masih berumur 21 tahun, mulai memperkenalkan celana jeans di Amerika Serikat. Pada saat itu Strauss memulai usahanya berjualan pakaian di San Fransisco. Dia beruntung. Dagangannya habis terjual, dan hanya menyisakan sebuah tenda berbahan kain kanvas.
Lalu kain kanvas untuk membuat tenda tersebut ia potong dan dibuat menjadi beberapa celana dan dijual kepada para penambang emas di Amerika. Hasilnya pun sangat memuaskan, para pekerja tambang emas sangat menyukai celana buatan Levi Strauss karena tahan lama dan tidak mudah rusak. Apalagi pada masa itu, di Amerika sedang dilanda demam emas ( Gold Rush ). Strauss berusaha menangkap peluang tersebut dengan menyempurnakan celana yang akan dibuatnya kembali. Ia lalu memesan bahan pembuat celana dari Genoa yang disebut dengan Genes. Levi Strauss memperkenalkan celana buatannya di Amerika menggunakan nama Blue Jeans.


Sekitar tahun 1880, Levi Strauss bekerja sama dengan seorang pengusaha bernama Jacob Davis untuk lebih mengembangkan produksi celana jeans. Produk mereka yang pertama diberi nama Levi's 501, dan diproduksi khusus untuk para penambang emas di Amerika. Ciri khas dari celana jeans produksi Strauss yakni  memiliki 5 saku dalam satu celana yaitu 2 di depan, 2 di belakang, dan 1 saku kecil di dalam saku depan sebelah kanan. Saku kecil yang imut tersebut bukan hanya berfungsi untuk kebutuhan fashion tapi juga berfungsi berfungsi sebagai saku tempat menyimpan butiran emas yang kecil – kecil yang didapat oleh para penambang emas. Dan sampai saat ini Celana Jeans Levis tetap mendesain celananya dengan saku kecil tersebut di produknya untuk mengingat sejarah keberhasilan celana jeans tersebut.
Saat ini, penggunaan celana jeans telah menyebar luas ke seluruh penjuru dunia. Jeans telah menjadi salah satu jenis fashion yang sangat difavoritkan oleh orang - orang, walaupun pada beberapa dekade yang lalu sempat mengalami kemunduran. Namun seiring perkembangan mode, kejayaan jeans kembali bangkit lagi.

( dari berbagai sumber )



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar